Home > Iptek, Lounge > Air sebagai mineral dan air mineral

Air sebagai mineral dan air mineral


air

Cara terbaik untuk menentukan apakah suatu zat “mineral” dengan membandingkan sifat dengan definisi dari “mineral” kata.

Kata “mineral” digunakan oleh ahli geologi untuk sekelompok bahan kristal yang terjadi secara alami . Emas, pirit, kuarsa, kalsit dan fluorit merupakan contoh dari “mineral”.

Untuk menjadi bahan mineral harus memenuhi lima persyaratan:

  1. terjadi secara alami (tidak dibuat oleh manusia)
  2. anorganik (tidak diproduksi oleh suatu organisme)
  3. padat
  4. kisaran dibatasi komposisi kimia
  5. memiliki struktur atom

Apakah air sebuah mineral?

Jika kita membandingkan sifat air untuk lima persyaratan definisi mineral kita menemukan bahwa itu gagal untuk memenuhi syarat sebagai mineral. Air adalah cairan sehingga tidak memenuhi persyaratan # 3 – menjadi padat. Namun, pada suhu di bawah 32 derajat Fahrenheit atau 0 derajat Celcius air menjadi bahan padat yang kita sebut “es”.

Apakah es sebuah mineral?

Jika kita membandingkan sifat-sifat es untuk lima persyaratan definisi mineral kita menemukan bahwa hal itu jelas memenuhi empat terakhir. Namun, persyaratan # 1 menyajikan masalah. Sebuah kepingan salju alam akan dianggap mineral karena bentuk alami di atmosfer bumi. Namun es batu dibuat dalam kulkas tidak akan dianggap mineral karena diproduksi oleh tindakan orang. Jadi, es adalah mineral yang ketika bentuk-bentuk alami tetapi tidak mineral ketika orang-orang memainkan peran dalam memproduksinya.

Apa itu air mineral?

 

Air Mineral

Air mineral adalah hal yang sama sekali berbeda. Di sini kata “mineral” digunakan dalam referensi untuk zat padat yang dilarutkan  didalam air seperti yang diambil dari sumber alam seperti mata air.

Zat-zat dilarutkan terjadi di air karena saat air di tanah itu  melakukan kontak dengan bahan mineral dan non-mineral. Beberapa dari mereka bahan yang larut dan dilarutkan oleh air.

Untuk dijual sebagai “air mineral” cairan air, diambil dari sumber alami, dan mengandung setidaknya 250 bagian per juta total padatan yang terlarut – yang terjadi secara alami di dalam air.

Air mineral alam yang ditemukan di banyak lokasi di seluruh dunia dan sangat bervariasi dalam komposisi. Dalam beberapa kondisi bahan terlarut dalam air akan dianggap sebagai “kotoran”. Dalam keadaan lain air tersebut dijadikan kemasan dan dijual kepada orang yang percaya bahwa dilarutkan “mineral” mungkin memberikan manfaat kesehatan.

Manfaat kesehatan sering belum terbukti dan air-air alami banyak mengandung bahan larutan yang menghasilkan efek yang tidak diinginkan atau bahkan beracun jika dikonsumsi oleh orang atau hewan.

Sumber : geology.com

Advertisements
Categories: Iptek, Lounge Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: