Home > Iptek, Lounge > Penjelasan Batu berjalan di Racetrack Playa

Penjelasan Batu berjalan di Racetrack Playa


Salah satu misteri yang paling menarik dari Death Valley National Park adalah batu meluncur di Racetrack Playa (playa adalah tempat  danau kering). Batuan ini dapat ditemukan di lantai playa dengan bekas jejak di belakang mereka. Entah bagaimana Batu meluncur ini menyeberang di playa, meninggalkan  alur dalam sedimen ketika mereka bergerak.
Beberapa batuan memiliki berat beberapa ratus pound. Yang membuat pertanyaan : “Bagaimana mereka bergerak”  ini sangat menantang.
Kebenaran : Tidak ada yang tahu untuk tahu persis bagaimana batuan bergerak meskipun beberapa orang telah datang dengan beberapa penjelasan yang cukup bagus. Alasan mengapa gerakan mereka masih misteri : tidak seorangpun yang pernah melihat mereka dalam gerakan!

Mari kita pelajari bagaimana mereka bergerak ….

Tentang Racetrack Playa

Racetrack playa adalah bentangan danau yang hampir sangat rata dan selalu kering. Kira-Kira memiliki panjang 4km ( 2.5 mil – utara ke selatan ) dan lebar kira-kira 2km ( 1.25 mil – timur ke barat ).Permukaannya ditutupi oleh retakan lumpur dan sendimen yang terbuat dari lumpur dan tanah liat.

Iklim di daerah ini kering. Hujan hanya beberapa inci per tahun. Namun, saat hujan, pegunungan terjal yang mengelilingi Racetrack Playa menghasilkan sejumlah besar limpasan yang mengubah lantai playa ke danau dangkal yang luas. Ketika basah, permukaan playa yang berubah menjadi lumpur yang sangat lembut dan sangat licin.

Apakah mereka di gerakan oleh Manusia atau hewan?

Bentuk jalur balik batu menunjukkan bahwa mereka bergerak selama waktu ketika lantai Racetrack Playa ditutupi dengan lumpur yang sangat lembut. Kurangnya gangguan yang tersisa   disekitar lumpur jalan batu menghilangkan kemungkinan binatang manusia atau mendorong atau membantu gerakan batuan.

Apakah mereka digerakan oleh angin?

Ini adalah penjelasan favorit. Angin yang berhembus di Racetrack Playa mengarah dari barat daya ke timur laut. Sebagian besar jalur rock sejajar dengan arah ini. Ini adalah bukti kuat bahwa angin adalah penggerak utama atau setidaknya terlibat dengan gerakan batuan.

Hembusan angin yang kuat diperkirakan menyenggol batu sehingga bergerak. Setelah batu itu mulai bergerak angin kecepatan jauh lebih rendah dapat menjaga batu dalam gerak seperti meluncur di lumpur lunak dan sangat licin. Lengkungan di jalur rock dijelaskan oleh pergeseran arah angin atau bagaimana angin berinteraksi dengan batuan yang  berbentuk tidak teratur.

Apakah mereka digerakan oleh es?

Beberapa orang telah melaporkan melihat Racetrack Playa tertutup lapisan tipis es. Satu ide adalah air yang membeku di sekitar batu dan kemudian angin, bertiup di atas es, menyeret lapisan es dengan batu yang tertanam di seluruh permukaan playa tersebut.

Beberapa peneliti telah menemukan jejak sangat kongruen pada beberapa batu yang sangat mendukung teori gerakan. Namun, pengangkutan lapisan es besar mungkin diharapkan untuk menandai permukaan playa dengan cara lain – tanda ini belum ditemukan.

Peneliti lain bereksperimen dengan pancangan yang akan terganggu oleh lapisan es. Batuan bergerak tanpa mengganggu pancangan . Bukti untuk pergerakan oleh es tidak konsisten.

Angin dan Es adalah jawaban paling mendekati!

Semua penjelasan terbaik melibatkan angin sebagai sumber energi di belakang pergerakan batuan. Pertanyaan yang tersisa adalah apakah meluncur ketika terbungkus dalam lapisan es atau hanya sisi atas permukaan lumpur? Mungkin masing-masing metode ini bertanggung jawab untuk beberapa gerakan batu? Cairan es yang mengalir menyebabkan permukaan danau licin dan arah pergerakannya di sesuaikan dengan arah angin, oleh karena itulah arah batu meluncur selalu searah dengan tiupan angin. Video dibawah ini merupakan contoh dari Pergerakan yang disebabkan oleh es yang mencair sementara  arahnya disebabkan oleh angin.

Sumber : geology.com

Advertisements
Categories: Iptek, Lounge Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: