Home > Iptek, Lounge > Mac OS X Lion

Mac OS X Lion


Screen Shot 2011-09-20 at 10.05.32 PM

Pengembang Apple Inc.
Situs Web http://www.apple.com/macosx/
Versi awal 20 Juli 2011
Versi terkini 10.7.1 (11B26) (16 Agustus 2011)
Versi pratinjau 10.7.2 (11C55) (11 September 2011)
Model sumber Closed source (dengan komponen open source)
Lisensi APSL dan Apple EULA
Kernel Hybrid
Metode pemutakhiran Apple Software Update
Dukungan platform x86-64
Didahului Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”

Mac OS X Lion (versi 10.7) adalah rilis Mac OS X yang kedelapan yang meminjam banyak idenya dari iOS. Preview Lion ditampakkan pada publik pada 20 Oktober 2010, dan rilis finalnya dilakukan di Mac App Store pada 20 Juli 2011. Apple melaporkan ada lebih dari 1 juta penjualan Lion di hari pertama rilisnya.

Apple tidak memfasilitasi distribusi media fisik seperti CD-ROM atau DVD-ROM untuk Lion. Lion hanya bisa didapatkan dengan cara mengunduh dari Mac App Store dengan harga $29.99. Lion hanya bisa diinstal pada komputer dengan sistem operasi Snow Leopard. Itu artinya setiap komputer dengan sistem operasi Tiger atau Leopard harus terlebih dahulu diupgrade ke Snow Leopard, untuk baru kemudian diupgrade ke Lion. Namun kemudian Apple mengeluarkan mekanisme distribusi melalui USB Flash Drive yang berisi OS Lion, dengan harga US $69, yang tersedia hanya di toko online Apple semenjak Agustus 2011.

Desain antar muka Aqua  membuat Mac OS X dikenal dengan sistem operasi yang cantik. Aqua sudah ada semenjak Panther (10.3) . Antar muka Aqua di Mac OS X Lion terasa lebih ringan, tidak ada lagi tombol berbentuk pil yang terasa berat ketika di klik, serta komponen-komponen lain yang lebih mirip dengan iOS.

Yang paling spektakuler adalah hilangnya scrollbar Aqua yang digantikan dengan scrollbar ala iOS. Scrollbar hanya akan ditampilkan apabila dibutuhkan, atau ketika Anda menggulung suatu halaman. Dengan scrollbar ala iOS, aplikasi terasa lebih bersih dan kita jadi lebih fokus pada konten.

Lion memiliki 250 gaya dan fitur baru, yang beberapa di antaranya semisal:

  • Menggunakan Address Book bergaya tampilan iPad.
  • Fitur berbagi file antar Mac bersistem operasi Lion dengan AirDrop tanpa membutuhkan Wireless Access Point.
  • Apple Push Notification Service untuk perbaruan berita atau perbaruan status jejaring sosial.
  • Auto correction yang bekerja seperti perangkat iOS, yakni menampilkan kotak pop-up.
  • Auto Save – Sama seperti di iOS, dokumen di iOS akan tersimpan secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu lagi menyimpan dokumen secara manual. Menariknya, fitur auto save ini tidak bisa dinon-aktifkan.
  • FaceTime sudah menjadi fitur terintegrasi di dalam Lion.
  • Tampilan full screen atau layar penuh untuk aplikasi.
  • iChat diperbarui sehingga bisa digunakan untuk login ke Yahoo! Messenger.
  • Launchpad – Peluncur aplikasi yang menampilkan gaya mirip iOS untuk menampakkan aplikasi yang terinstal. Sama seperti di iOS, launchpad juga memiliki kemampuan untuk menggolongkan aplikasi ke dalam folder.
  • Mail 5 – Menggunakan tampilan mirip iPad, dengan tampilan layar penuh, menggunakan model percakapan kronologis untuk menata percakapan, dan mendukung Exchange 2010.
  • Pada All My Files, semua file kita disuguhkan dengan kategori-kategori khusus seperti Messages & Chats, Contacts, Events & To Dos, Images, PDF Documents, Documents, dan lain-lain. Dan setiap kategori tersebut ditampilkan dengan tampilan mirip Cover Flow yang bisa kita geser ke kiri dan ke kanan menggunakan gesture di trackpad, Lalu pada Finder ini, tampilan defaultnya adalah menggunakan tampilan column yang sudah diimprovisasi sehingga sangat nyaman untuk digunakan berkeliling-keliling file dan folder.
  • Lalu aktivitas scrolling yang diimprovisasi. Kini scrolling di Mac menjadi mirip dengan scrolling di iOS, dengan tidak adanya scroll bar dan arah gesture scrolling di trackpad yang dibalik menjadi mirip dengan di iOS, itu artinya kita menscroll ke bawah dengan cara menggerakan gesture di trackpad ke atas. Lumayan membutuhkan penyesuaian pada otak kita.
  •  Mission Control sebenarnya definis ulang dari Exposé, dengan Mission Control kita bisa melihat semua jendela aplikasi yang ada di desktop, aplikasi Full Screen, Dashboard serta memilih Spaces. Ketika kita memilih Space lain, alih-alih langsung berpindah ke Space tersebut, Mission Control akan menampilkan Space tersebut di area pratinjau, di area ini kita bisa memilih jendela yang diinginkan. Berguna sekali apabila mempunyai kebiasaan membuka banyak jendela.
  • Air Drop yang merupakan fitur untuk berbagi dokumen antar Mac melalui WiFi dengan sangat mudah sekali.

OS X Lion Minimum Persyaratan

Intel Core 2 Duo processor atau lebih baik : Lion adalah 64-bit OS. Tidak seperti Snow Leopard, yang dapat berjalan pada prosesor Intel pertama bahwa Apple digunakan – Core Duo Intel di iMac 2006, dan Duo Intel Core Solo dan Core di Mac mini – OS singa tidak akan mendukung 32-bit Intel prosesor.

2 GB RAM: Kemungkinan bahwa Lion akan berjalan dengan hanya 1 GB RAM, tetapi Apple telah pengiriman Mac dengan setidaknya 2 GB RAM terpasang sejak tahun 2009. Mac terbesar sejak 2007 dapat diperbarui untuk setidaknya 3 GB RAM.

8 GB drive space: Lion akan dikirimkan melalui download dari App Store Mac. Ukuran download akan menjadi sedikit lebih besar dari 4 GB, tapi ini mungkin ukuran yang dikompresi. Kami percaya Anda harus berencana membutuhkan minimal 8 GB drive space untuk instalasi.

DVD drive: Karena metode distribusi baru, DVD drive tidak diperlukan untuk men-download dan menginstal Lion. Namun, dengan bantuan beberapa tips kami akan memberikan sini kemudian di musim panas, Anda akan dapat membakar CD bootable Lion, untuk memastikan Anda dapat menginstal ulang atau menjalankan opsi perbaikan.

Akses internet: Apple akan menyediakan OS sebagai download dari Mac App Store, yang berarti Anda akan membutuhkan koneksi internet untuk membeli dan men-download OS X Lion.

Snow Leopard: Karena OS singa hanya dapat dibeli dari App Store Mac, Anda harus telah ada  Snow Leopard berjalan pada Mac Anda. Snow Leopard adalah persyaratan minimum untuk menjalankan aplikasi Mac App Store. Jika Anda belum upgrade ke Snow Leopard, Anda harus melakukannya sekarang, sedangkan produk masih tersedia.

Desktop

  • Menu Bar adalah sebuah indikator yang menunjukkan aplikasi apa yang sedang aktif. Gambar di atas menunjukkan bahwa aplikasi Finder—sejenis Windows Explorer di Windows—sedang aktif. Di sebelahnya juga menampilkan pilihan menu yang umumnya terdapat pada Windows. Hanya saja, Mac, semuanya selalu berada di Menu Bar. Dan ini yang menjadi kelebihan Mac, yaitu konsistensi.
  • Menu Bar Icons itu dikategorikan sekelas dengan tray yang terdapat Windows. Banyak aplikasi yang menawarkan pilihan application control melalui menu bar. Screenshot di atas menunjukkan bahwa Battery, F.lux, dan FuzzyClock sedang aktif.
  • Dock adalah wilayah di mana aplikasi yang aktif bertempat. Sebuah aplikasi yang sedang dijalankan selalu dimasukkan ke dalam Dock. Sebuah indikator bercahaya di bawah icon aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sedang aktif. Dock dapat dianggap sebagai Taskbar pada Windows. Anda juga dapat memasukkan aplikasi yang sering digunakan pada Dock tanpa harus menjalankannya—seperti Pin to Taskbar.
  • Spotlight dapat membantu Anda menjalankan aplikasi, menemukan files, mengakses konfigurasi Mac, serta melakukan kegiatan lain seperti melakukan perhitungan. Spotlight ada sebuah fitur search yang menjadi keunggulan Mac dibanding Windows. Anda dapat menggunakan Spotlight dengan menekan cmd+space atau klik tombol lensa pembesar di pojok kanan atas—saya mengganti Spotlight dengan Alfred App sehingga tidak ada icon Spotlight di menu bar.

Instalasi Mac OS X adalah proses instalasi sistem operasi paling mudah yang pernah dilakukan. Tidak ada istilah teknis yang aneh dan membingungkan, tidak ada preinstallation task yang sulit. Bahkan hanya membutuhkan Click Next Button, dan anda sudah siap menggunakan sistem operasi   ini.

Update

Mac OS X Lion 10.7.1. Apple menambal beberapa Bug dan meningkatkan stabilitas dan kompatibilitas dari Mac OS X Lion. Isu beberapa error atau masalah yang kerap ditemui oleh pengguna Mac OS X Lion seperti, unresponsiveness ketika bermain video di Safari, audio tidak bermain ketika menggunakan HDMI atau audio out optik, masalah koneksi Wi-Fi, masalah dengan data dan pengaturan migrasi untuk sebuah Mac baru yang menjalankan OS X Lion, dan masalah dengan account admin akan hilang setelah upgrade ke OS X Lion. Untuk pengguna Mac Book Air dan Mac Mini 2011, di update terbaru ini akan ada sedikit perbaikan pada beberapa hardware dari ke-2 device tersebut. Beberapa masalah terselesaikan termasuk masalah di mana MacBook Air akan boot up ketika Adapter MagSafe terpasang, sebuah masalah yang menyebabkan layar Maac Book Air berkedip-kedip, dan masalah yang menyebabkan slot kartu SD di Mac Mini yang berjalan lambat.

Mac OS X 10.7.2 Menurut Apple, dengan versi terbaru ini, lebih dari 70 kemungkinan yang bisa dieksploitasi oleh penyerang untuk mengeksekusi kode yang dapat mengakses informasi pribadi dan menyebabkan penolakan servis (DoS) telah diatasi. Mac OS X 10.7.2 dan Security Update 2011-006 telah memperbaiki masalah di media player QuickTime, iChat Server, CoreFoundation, CoreMedia, CoreProcesses, CoreStorage, IOGraphic, MediaKit dan Open Directory, seperti dikutip H-Online, Jumat (14/10/2011).

Tidak hanya itu, versi terbaru ini juga telah mengatasi masalah lain, mengenai kerentanan keamanan pada Apache, Firewall, BIND DNS server, PHP, Phyton, SMB File Server, Tomcat dan X11. Berbagai sertifikat yang dibutuhkan juga telah ditambahkan dan diperbaharui. Apple juga telah merilis versi terbaru dari browser Safari untuk Windows dan Mac OS X.

Browser Safari versi 5.1.1 ini, telah mengoreksi 43 kerentanan keamanan yang sebagian besar masalah ada di memori mesin pencari WebKit. Para pengguna produk Apple, dapat mengunduh Safari 5.11, Mac OS 10.7.2 Lion, dan Security Update 2011-006 di halaman Suporrt Download Apple. Alternatif lain untuk pengguna Mac OS X, mereka dapat meng-upgrade versi terbarunya melalui fungsi Software Update Apple.

Mac OS X 10.7.3. hadir dengan beberapa perbaikan pada Bug yang ada pada versi sebelumnya dan peninggkatan performa dan kompabilitas dari Mac OS X Lion. Selain itu di update terbaru ini juga support beberapa bahasa baru dan dukungan pada file RAW dari kamera terbaru. Untuk perbaikan Bug, update ini memperbaiki masalah koneksi Wifi yang bermasalah sesaat setelah Mac berada pada Mode Sleep. Perbaikan lain yaitu perbaikan kompatibilitas dengan file sharing dan printer sharing dengan perangkat yang menggunakan Sistem Operasi Windows yang mana masalah ini banyak dibicarakan beberapa waktu yang lalu.

Bahasa-bahasa baru yang disertakan dalam update ini antara lain, Bahasa Catalan, Kroasia, Yunani, Ibrani, Rumania, Slovakia, Thailand, dan Ukraina. Sedangkan dukungan gambar RAW file sekarang semakin meluas ke kamera baru, termasuk kamera terbaru seperti PEN Olympus, Nikon J1 dan V1, dan Sony Alpha terbaru serta Sony NEX.

Mac OS X   10.7.4. Setelah berkali-kali berbagai versi beta OS X 10.7.4 dikirim kepada para developer untuk dites dan diujicobakan, kini paket update tersebut dirilis untuk umum dan dapat diunduh langsung lewat Software Update (menu  > Software Update) di Mac kamu. Berikut perubahan-perubahan yang diterapkan di OS X 10.7.4:

  • Resolve an issue in which the “Reopen windows when logging back in” setting is always enabled.
  • Improve compatibility with certain British third-party USB keyboards.
  • Addresses permission issues that may be caused if you use the Get Info inspector function “Apply to enclosed items…” on your home directory.
  • Improve Internet sharing of PPPoE connections.
  • Improve using a proxy auto-configuration (PAC) file.
  • Address an issue that may prevent files from being saved to an SMB server.
  • Improve printing to an SMB print queue.
  • Improve performance when connecting to a WebDAV server.
  • Enable automatic login for NIS accounts.
  • Include RAW image compatibility for additional digital cameras.
  • Improve the reliability of binding and logging into Active Directory accounts.
  • The OS X Lion v10.7.4 Update includes Safari 5.1.6, which contains stability improvements.

Mac OS X 10.7.5 Pada update ini, Apple memperbaiki permasalahan di Lion yang menyebabkan backup Time Machine memakan waktu sangat lama.

Berikut ini hal-hal baru pada update Lion:

The OS X v10.7.5 Supplemental Update is recommended for all users running OS X Lion v10.7.5 and includes the following fixes:

  • Resolves an issue that may cause Time Machine backups to take a very long time to complete
  • Addresses an issue that prevents certain applications signed with a Developer ID from launching

The Supplemental Update is recommended if you installed the Mac OS X Lion v10.7.5 Update (build 11G56).

It is not needed if you install the Mac OS X Lion v10.7.5 Update (build 11G63).

Advertisements
Categories: Iptek, Lounge
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: